Responsive Ads Here

Friday, April 20, 2018

Kuliner Khas Kabupaten Wonogiri

Kuliner Khas Kabupaten Wonogiri
Wonogiri memang mempunyai banyak kuliner khas dengan cita rasa yang menakjubkan. Kota kecil di ujung timur bagian selatan Jawa Tengah ini, anda akan menemukan kuliner tradisional yang tak kalah lezat dibanding daerah lainnya, seperti Solo, Semarang, Kudus, PurwodadiJepara dan daerah lainnya. Bahkan, banyak wisatawan yang menyempatkan untuk mencicipi kuliner Wonogiri dengan pemandangan laut di bibir pantai selatan. Berikut kami rekomendasikan kuliner khas Kota Wonogiri untuk anda:


1. Jangan Lombok Ijo


Sayur dalam bahasa jawa disebut "Jangan", sedangkan Lombok Ijo, berarti cabai keriting hijau. Kuliner ini merupakan masakan berkuah santan yang berbahan cabai hijau, cabai rawit, tempe, tahu dan pete sebagai pelengkap masakan. Bagi masyarakat Wonogiri, Jangan Lombok Ijo memang sering menjadi hidangan atau menu favorit sejak zaman nenek moyang. Bahkan, sampai sekarang masih banyak ditemui di berbagai acara, seperti perkawinan, khitanan, upaca keagamaan dan lain sebagainya.


2. Nasi Tiwul


Nasi Tiwul dari dulu memang menjadi menu khas Kota Wonogiri. Dikarenakan banyaknya masyarakat miskin, membuat makanan ini sering dijadikan menu andalan, serta daerah memang gersang untuk di tanami makanan lainnya. Terlepas dari hal itu, Nasi Tiwul memang memiliki rasa manis dan nikmat disantap saat sore hari.

Makanan yang terbuat dari "gaplek" atau singkong kering kemudian ditumbuk ini selain rasanya manis, namun banyak juga yang kurang suka, karena belum terbiasa. Untuk itu, bagi masyarakat yang kurang terbiasa, akan melengkapinya dengan ikan asin, sambal cabuk, urap dan minuman hangat.


3. Cabuk


Cabuk adalah makanan yang terbuat dari minyak biji wijen dan dicampur dengan merang padi kemudian dibakar, sehingga terbentuklah pasta yang berwarna hitam. Selain itu, bisa juga dicampur dengan garam dan gula jawa. Untuk membuat pepes Cabuk, biasanya di campur cabe rawit, bawang putih, kemangi, lalu dipanggang di atas bara api hingga matang.


4. Ayam Panggang


Ayam Panggang khas Wonogiri merupakan kuliner yang memanjakan lidah bagi para wisatawan saat berkunjung ke daerah ini. Ayam Panggang Wonogiri memang berbeda dalam hal memasak, ayam akan dipanggang di atas tungku tanah dengan kayu bakar dengan api yang stabil. Biasanya dilengkapi dengan urap sayur bumbu kelapa dan sambal dadak yang membuat ayam panggang tambah nikmat untuk disantap.


5. Wader Goreng


Wader Goreng adalah menu favorit wisatawan yang terbuat dari ikan tawar "Wader" berukuran kecil, biasanya ikan kecil ini hidup bergerombol di sungai dan perairan jernih. Mulanya, ikan wader tidak ada nilai ekonomisnya sama sekali, namun dengan inovasi masakan, nilai jualnya meningkat drastis.


6. Pindang Kambing


Pindang Kambing ini terbuat dari adonan gaplek yang diberi jeroan kambing, bisa juga ditambahi kikil kambing. Walaupun bentuknya yang tidak enak dilihat, namun rasanya terasa nikmat untuk disantap. Pindang Kambing ini dibungkus dengan daun jati.


7. Tempe Kripik


Tempe Kripik Wonogiri memang sangat cocok untuk lauk makanan, pengganti kerupuk. Tidak banyak perbedaan kripik Wonogiri dengan daerah lainnya, namun kripik Wonogiri memang sudah terkenal sejak zaman dulu, jadi masyarakat Jawa Tengah khususnya akan memesan atau lebih menyukai tempe kripik tersebut.
sumber:http://www.seputar-jateng.com/2015/09/khuliner-khas-kabupaten-wonogiri.html

No comments:

Post a Comment