Responsive Ads Here

Friday, April 20, 2018

Kuliner Khas Asal Cilacap

Kuliner Khas Asal Cilacap


Kemrin saya memberi info tentang beberapa tempat wisata kota cilacap. Tidak lengkap rasanya kalau tidak membehas wisata kuliner atau makanan khas Cilacap yang pastinya akan membuat kamu ingin berkunjung ke sana.Jadi, ada banyak sekali wisata kuliner yang bisa kamu dapati di Kabupaten Cilacap ini, salah satunya adalah makanan, dan oleh-oleh khas Cilacap, yang bisa kamu bawa pulang ketika kamu berkunjung ke sini. Enggak usah lama-lama, berikut adalah makanan dan oleh-oleh khas Cilacap.

Kripik Tempe
Banyak daerah yang menjadikan kripik tempe sebagai makanan khasnya, salah satunya Cilacap. Tentunya mempunyai rasa dan khas masing masing daerah. Keripik tempe layaknya mendoan biasa tetapi digoreng kering hingga kriuk dan renyah. Berbentuk tipis bewarna kecoklatan, rasanya beuuh. Cocok dijadikan camilan sore atau dijadikan lauk dan tentunya untuk oleh oleh juga. yang paling penting kripik tempe ini bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu pulang ke rumah.

Lanthing
Lanting berbahan dasar singkong dengan bentuk bulat dan berlubang bagian tengahnya. Rasanya yang renyah dan gurih menjadikan makanan satu ini cocok untuk dijadikan cemilan ketika bersantai bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Lanting ini sangat pas dan cocok buat kamu yang suka singkong.

Lepet Ketan
Lepet berbahan dasar beras ketan dan kelapa parut yang dililit-lilit menggunakan janur kuning. Di Cilacap lepet biasanya disuguhkan ketika acara tujuh bulanan wanita yang tengah hamil. Lepet menjadi sajian wajib di acara selamatan. Terdapat mitos yang tersebar disana yakni jika lepet yang dihidangkan rasanya asin maka bayi yang dikandung laki-laki kalau lepet tidak berasa asin maka bayinya perempuan. Meski kebenaran mitos ini masih dipertanyakan, ya terlepas dari mitos tersebut, yang penting lepet ketang bisa mengenyangkan perut mu.

Brekecek
Brekecek merupakan makanan khas cilacap yang sering disebut kepala ikan jahan. Untuk bisa menikmati makanan khas yang satu ini anda harus menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ikan dimasak memakai rempah-rempah yang hampir menyerupai masakan rica-rica, namun tentu saja rasanya jauh berbeda.
Karedok
Makanan khas Cilacap satu ini diadopsi dari daerah Jawa Barat. Namun di Cilacap sendiri karedok sudah menjadi tradisi. Karena memang cilacap berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat. Karedok terbuat dari sayuran mentah, kobis, wortel, kacang panjang, mentimun dan kecambah.
Yang dicampur kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang. Terakhir ditaburi kerupuk banggi atau di tambah tahu / ketupat. Dan biasanya setiap daerah mempunyai cara dan bahan yang sama, hanya saja bumbu untuk karedok yang membedakannya.

Cetil dan Cenil
Makanan khas Cetil dan cenil terbuat dari bahan mentah singkong tepatnya pati singkong yang kemudian diolah dan dibentuk bulat-bulat atau kotak-kotak. Lalu diberi warna sesuai dengan keinginan masing-masing penikmatnya. Makanan khas ini biasanya dimakan dengan kelapa, ditaburi dengan gula jawa atau bisa juga gula pasir.
Cetil dan cenil sangat cocok dijadikan jajanan cemilan disaat kamu sedang menonton film atau menjadi teman saat kamu curhat, pokonya manis dan wuenak. Akan tetapi walaupun begitu sampai saat ini cetil dan cemil masih dapat kamu dapatkan dengan mudah di kota ini.

Kripik dan Stik Sukun
Cilacap di samping terkenal dengan hasil lautnya juga mempunyai produk kualitas ungulan di bidang pertanian yakni sukun. Di tempat tersebut sukun diolah menjadi kripik dan stik. Kripik sukun mempunyai bentuk tipis dan stik sukun mempunyai bentuk persegi panjang. Keduanya diolah dengan digoreng.
Tentu saja rasanya enak dan gurih, tidak hanya itu, ternayat kripik dan stik sukun ini juga bisa kamu olah dengan cara di kukus atau direbus. Sekarang kamu bisa menikmati rasa dan aroma dari sukun ini dengan mudah loh, karena sekarang kripik dan stik sukun sudah di pasarkan juga ke Kota-kota besar di Indonesia.

Gembus
Bagi yang kurang familiar, gembus juga disebut dengan Donat Jawa. Bahan baku untuk membuatnya adalah singkong yang diolah sedemikian rupa, kemudian hasil olahan tersebut dibentuk seperti donat lalu digoreng.
Jika kamu berjalan di pinggiran kota Cilacap, kamu akan banyak menjumpai jajanan ini, terutama pada pagi dan sore hari.
Rempeyek Yutuk
Makanan khas Cilacap berikutnya adalah rempeyek yutuk atau peyek yutuk. Nama yutuk diambil dari nama hewan laut yang bentuknya seperti udang atau kepiting. Peyek Yutuk banyak diproduksi oleh mereka yang tinggal di daerah pantai seperti Widarapayung. Rasa gurih, renyah dan kriuknya akan selalu mengingatkan kamu pada Kota Cilacap.

Mendoan
Saya yakin semua sudah tahu makanan ini. Karena tidak hanya di Cilacap saja kita bisa menjumpai. Tapi soal rasa tentu berbeda, mendoan Cilacap memiliki rasa yang enak, empuk dan maknyus.
Bahan dasar untuk membuat medoan adalah tempe yang di iris/potong lebar, lalu dicampur dengan adoanan tepung dan bumbu. Kemudian digoreng setengah matang. Mendoan enak disantap saat masih hangat plus kondisi hujan.


Bagaimana? Makanan khas Cilacap ini penasaran untuk di cobakan. Nah buat kamu yang ingin atau sedang berada di Kota ini jangan lupa untuk mencicipi wisata kuliner yang satu ini. Jangan lupa juga, share ke teman atau saudara kamu agar membelikan oleh-oleh khas Cilacap yang ada di atas, agar mereka engga bingung mau beli oleh-oleh apaan yang pas buat kamu sumber:http://www.seputar-jateng.com/2017/12/kuliner-khas-asal-cilacap.html

No comments:

Post a Comment