Responsive Ads Here

Friday, April 20, 2018

Kuliner Khas Kota Kebumen

Kuliner Khas Kota Kebumen

Kemarin saya telah membahas Beberapa Tempat Wisata kali ini saya akan membahas kuliner asal kota kebumen. Berikut daftar serta referensi kuliner enak khas Kebumen yang  wisata-tanahair.com rangkum dan harus dicoba. Kota Walet ini nyatanya memiliki beberapa makanan tradisional yang tidak kalah lezat apabila dibanding dengan kuliner kota-kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, maupun Bandung.
Nah, untuk anda yang kebetulan lagi berlibur atau mudik ke kota Kebumen, sempatkanlah untuk mencicipi sajian kulinernya yang populer enak menggoyang lidah. Bila butuh, bawain sebagian buat oleh-oleh rekan atau keluarga anda. Yuk, segera saja simak daftar makanan khas Kebumen yang paling enak tersebut.

Nasi Penggel
Nasi Penggel adalah makanan khas Kebumen yang terbuat dari nasi, kikil / jeroan sapi, dan sayur nangka (jangan gori). Bentuk nasi penggel ini bulat; mirip seperti bola pingpong yang disajikan di atas daun pisang yang dipincuk.

Satu pincuk pada umumnya berisi 7 sampai 8 penggel. Rasanya jangan ditanya, gurih dan pastinya mengenyangkan. Sangat pas untuk dijadikan menu makan siang ketika perut keroncongan. Satu porsi nasi penggel bisa didapatkan hanya dengan 8 – 10 ribu rupiah saja.

Di Kebumen, makanan khas ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu saja. Kenapa? Mungkin karena zaman yang beralih; banyak makanan-makanan luar yang masuk sehingga membuat nasi penggel sedikit dilupakan dan langka.

Sate Ambal

Bagi kamu yang berkampung halaman di Kebumen atau sekitarnya, pasti kenal dengan sate ambal. Sate ayam khas Kebumen ini sangat terkenal dan legendaris ini ‘menjajah’ daerah-daerah di sekitar Kebumen, sehingga menjadi bias darimana asalnya sate ambal ini. Kalau kamu juga bertanya seperti itu … Kebumenlah jawabannya.

Nama ambal diambil berdasarkan daerah asal sate ini pertama kali dibuat yakni desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal yang terletak di pesisir selatan Kebumen.

Kalau dilihat dari tampilannya sepintas, sate ambal ini mirip seperti sate Madura, tetapi bila kamu mencicipinya pasti tahu apa yang membedakan sate Madura dan sate ambal ini. Bumbunya!

Kita mungkin sudah tidak asing dengan sate Madura yang memakai sambal kacang sebagai saus / topingnya; dengan kata lain menggunakan bahan dasar kacang tanah sebagai bumbu. Tetapi berbeda dengan sate ambal, bahan dasar yang digunakan untuk membuat bumbunya adalah sambal tempe.

Sambal tempe yang digunakan ternyata berefek pada ragam citarasa yang dihasilkan, selain juga sate ambal ini dicampurkan dengan jahe dan aneka rempah lainnya. Unik.
Cara pembuatan sate ambal ini yaitu; sebelum dibakar, daging mentah pembuat sate dimasak dahulu sehingga teksturnya lebih lembut. Benar-benar customer friendly banget, deh!

Sate ambal biasanya disajikan secara terpisah dari sambalnya, lengkap dengan ketupan dan lontong. Nah, bagi kamu yang sedang berada di Kebumen, wajib coba sate ambal ini. Harganya tidak mahal, cukup 10 – 15 ribu, lidahmu sudah bisa dimanjakan dengan sate ambal.

Sale Pisang

Makanan khas Kebumen yang satu ini selain dijadikan kuliner khas juga biasa dijadikan oleh-oleh. Sale pisang khas Kebumen / oleh-oleh Kebumen ini berasal dari Desa Mangli, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Sale pisang khas ini dibuat dari buah pisang yang diiris tipis-tipis, kemudian pisang itu dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari dengan maksud mengawetkannya; membuat pisangnya tahan lama.

Kemudian, pisang kering tersebut digoreng dengan tepung terigu, berbeda dengan sale pisang lain yang tanpa terigu. Rasa sale pisang khas Kebumen ini gurih dan kayaknya ada manis-manisnya.

Soto Tamanwinangun

Tidak cuma Kudus serta Semarang yang populer bakal kelezatan sotonya, Kebumen juga miliki soto khas yang rasa-rasanya dapat diadu. Tidak yakin? Cobain deh soto Tamanwinangun yang datang dari dari Tamanwinangun, Kebumen.

Tidak sama dengan soto-soto yang lain, soto Tamanwinangun ini memakai daging entok atau itik Serati. Di tiap-tiap suwiran dagingnya, bumbu soto merasa meresap prima.

Soto ini tak memakai kuah bening seperti soto biasanya, tetapi menggunakan kuah santan yang berpadu dengan kaldu entok yang nikmat serta gurih. Seporsi soto Tamanwinangun umumnya diperlengkapi dengan potongan ketupat yang buat kenyang.

Yutuk Goreng

Yutuk yakni sejenis hewan laut yang mudah diketahui di pesisir pantai Kebumen, terutama pantai Petanahan. Oleh warga setempat, hewan bercangkang yang sama undur-undur ini diolah jadi bakwan ataupun rempeyek khas yang renyah dan gurih sama udang.

Apabila berkunjung ke pantai Petanahan, jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Bakwan atau rempeyek yutuk ini paling enak menjadikan pelengkap saat menyantap pecel yang juga umum dijajakan di sana.

Harga nya murah banget kok hanya 5 ribu untuk seporsi pecel dan seribu rupiah untuk satu peyek yutuk, anda sudah bisa nikmati makanan khas ini. Oya, rempeyek yutuk ini bisa sering disebut dengan nama rempeyek undur-undur.

Soto Ayam Petanahan

Pantai Petanahan, selain terkenal dengan bakwan yutuknya juga terkenal dengan soto ayam. Salah satu soto khas Petanahan, Kebumen, yang terkenal enak adalah soto Sukarman atau biasa juga dikenal dengan nama Pak Kored.

Soto ayam petanahan ini berisi suwiran daging ayam lengkap dengan potongan ketupat dan toge. Kamu gak akan menemukan so-un atau kubis seperti pada soto-soto umumnya.

Kuah soto Petanahan lebih kental dan terasa gurih karena tersaji dengan bumbu rempah seperti jahe dan kunyit.

Bengkoang

Bila Jogja populer dengan buah salak serta Malang populer bakal buah apelnya, jadi Kebumen populer dengan bengkoangnya. Apabila anda bertandang ke kebumen jadi bakal banyak lihat beberapa penjual bengkoang di selama jalan kota Kebumen.

Oya, untuk daerah penghasil bengkoang di Kebumen yang cukup populer yaitu kecamatan Prembun. Bengkoang khas Prembun Kebumen ini rasa-rasanya lebih manis, warnanya lebih putih bersih, serta memiliki bentuk lebih ideal di banding dengan bengkoang/bengkuang di daerah lain.

Umbi-umbian yang banyak terkandung air ini pas di mengkonsumsi waktu cuaca panas serta umumnya dipakai untuk kombinasi rujak.

Gula Merah

Kebumen adalah satu diantara daerah penghasil gula merah atau guka jawa yang cukup populer. Jadi, tidak ada kelirunya bila anda membawa pulang gula merah khas Kebumen untuk kombinasi masakan anda supaya lebih nikmat serta lezat.

Gula merah ini di proses dengan bahan seperti air nira dari pohon kelapa, yang lalu air nira di masak memakai wajan serta api sepanjang lebih kurang 2-3 jam hingga air nira kental.

Air nira yang telah kental atau telah jadi gula cair diangkat serta di aduk, kemudian gula di bikin lalu dilewatkan hingga gula itu dingin serta jadi keras. Oya, gula merah khas Kebumen ini konon beritanya tanpa ada memakai bahan pengawet lho, jadi lebih aman dikonsumsi bukan?

Jipang Kacang

Jipang Kacang yakni camilan manis yang unik untuk menjadikan oleh-oleh khas Kebumen yang murah dan tahan lama. Konon kabarnya, Jipang Kacang ini sudah diproduksi lewat cara tradisional sejak mulai dulu sampai sekarang ini dengan melindungi rasa aslinya.

Bahan-bahannya juga cukup sederhana, yaitu kacang, gula jawa, serta minyak sayur. Sensasi lengket di gigi khas gula jawa demikian terasa saat anda nikmati makanan ringan yang satu ini. Buat anda yang lagi sakit gigi mending tidak perlu nyobain jajanan ini dulu ya.

Lanting

Lanting atau Klanthing termasuk juga satu diantara oleh-oleh khas Kebumen yang begitu populer terkecuali Sale Pisang serta Jipang Kacang. Bahkan juga kota Kebumen juga kerap dijuluki kota Lanting. Makanan kering berupa angka delapan ini memakai singkong sebagai bahan dasarnya.

Awal mulanya, lanting ini cuma mempunyai dua rasa saja, yakni original serta bawang goreng. Namun, bersamaan dengan perubahan jaman saat ini lanting di produksi dengan bermacam rasa, seperti rasa balado, keju, pedas manis, jagung bakar, serta rasa yang lain.

Rasa-rasanya yang gurih serta renyah akan buat anda ketagihan loh guys. Mungkin saja anda tidak bakal berhenti mengkonsumsinya sebelumnya habis sebungkus. Bila anda mudik atau berkunjung di Kebumen, jangan pernah melupakan makanan ringan enak yang satu ini.

Nah, itu dia beberapa makanan lezat khas kota Kebumen yang harus anda cobain waktu menyambangi kota ini. Untuk anda yang punyak referensi kuliner enak di Kebumen yang lain dapat berbagi lewat kolom komentar. Sumber:http://www.seputar-jateng.com/2018/01/kuliner-khas-kota-kebumen.html

No comments:

Post a Comment