Kadewaguruan, Tempat Pendidikan Jawa Kuno Oleh Hasan Ishaq - Agustus 30, 2016
sumber:http://ngalam.co/2016/08/30/kadewaguruan-tempat-pendidikan-jawa-kuno/?fb_comment_id=1092769494155143_1116419968456762#f3d3531fd492a3Kadewaguruan seperti sebuah perguruan untuk mendidikan kader muda di masa itu, dipimpin oleh Dewaguru (Maharesi) yang dibantu murid senior (ubwan dan manguyu).
Area Kadewaguruan disusun sedemikian rupa dengan latar halaman yang berbeda, seperti berbentuk terpusat yang ditengahnya adalah tempat tinggal Dewaguru. Sementara di sekelilingnya ada tempat murid yang disesuaikan dengan tingkat pengetahuan mereka, tata letak ini sering disebut dengan mandala.
Dalam Java in the Fourteenth Century, A Study on Cultural History. The Nagarakrtagama by Rakawi Prapanca of Majapahit. Vol. 5, TH Pigeaud, ahli sastra Jawa, menyebut kadewaguruan telah dibicarakan dalam kitab Rajapatigundala di masa Singasari. Raja yang disebut adalah raja Bhatati, yang diperkirakan sebutan bagi Krtanagara.
Di Majapahit, jumlah kadewaguruan meningkat sejak pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389). Dalam Nagarakrtagama, Hayam Wuruk tercatat pernah mendatangi sebuah mandala yang terletak di dalam hutan bernama wanasrama Sagara.
Jika dilihat sekarang, banyaknya candi-candi ataupun bangunan di sekitar Gunung Arjuno ditengarai sebagai sisa dari Kadewaguruan. Karena lokasinya memang berada cukup jauh dari area pusat kerajaan Singosari dan Majapahit.
Salah satu lokasi yang ditengarai digunakan untuk Kadewaguruan ada di situs Jawar yang terletak di Ampelgading Kabupaten Malang. Seperti yang sudah diuraikan di awal, lokasi situs ini berada jauh dari perkampungan pendudukan.
Situs peninggalan Majapahit ini terdiri dari tiga buah halaman, yang pertama adalah dua landasan arca Dwarapala, halaman kedua sebuah bangunan pendapa teras yang berhiaskan relief, serta halaman ketiga terdapat sebuah bangunan dengan kondisi fragmentaris berada di atas gundukan tanah, yang merupakan bagian yang dianggap paling sakral atau diperkirakan adalah tempat dari Mahaguru.
No comments:
Post a Comment